Beranda Umum Ustadz Abdul Somad Mundur Dari PNS

Ustadz Abdul Somad Mundur Dari PNS

0
loading...

BeritaSepuluh.net – Ustadz Abdul Somad yang akrab dipanggil UAS, mengundurkan diri sebagai PNS. UAS mundur dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Pekanbaru.

Kabar UAS mengundurkan diri muncul pada pertengahan Oktober 2019. Ketika itu surat pengunduran UAS masih diproses di pihak rektorat.

Pihak UIN Suska menjelaskan, pengunduran diri UAS mengejutkan pihak kampus. Sebab, UAS terhitung sudah 8 tahun sebagai dosen. Posisi UAS sebagai dosen biasa dan tidak ada jabatan di rektorat. Golongan PNSnya pun terbilang masih rendah. Ketika geger surat pengunduran diri, UAS sedang tugas belajar mengambil gelar doktor (S3)nya di Sudan. Dalam surat, pengunduran diri UAS mengatakan mundur disebabkan karena kesibukannya.

UIN Suska beberapa kali melayangkan surat ke UAS untuk mengklarifikasi pengunduran diri UAS dari ASN. Untuk selanjutnya UAS diminta menghadap Rektor UIN Suska pada Rabu, 30 Oktober 2019.

Baca juga: 4 Perubahan Penting SNMPTN Dan SBMPTN 2020

Selain pemanggilan untuk klarifikasi terhadap UAS, pihak kampus juga berkirim surat pada Sekjen Kemenag terkait ini. Surat pertimbangan tersebut untuk mengambil keputusan memberhentikan dari ASN.

Rektor UIN Suska Prof DR Akhmad Mujahidin menjelaskan surat permohonan pertimbangan tersebut dikirim pada 6 November 2019. Surat tersebut dikirim setelah surat pemanggilan tiga kali ke UAS tidak mendapat respons. Kenapa UIN Suska sampai melayangkan surat sebanyak tiga kali? pertimbangannya adalah dari Sekjen Kemenag dibutuhkan untuk mengambil keputusan akhir terhadap permohonan surat pengunduran diri ASN yang diajukan UAS.

Sepekan kemudian, Kemenag menyetujui surat pengunduran diri UAS. Persetujuan itu diberikan setelah memberikan kewenangan kepada pihak kampus. Permohonan UAS pun dikabulkan. UAS sudah tak lagi jadi dosen dan PNS per 1 Desember 2019. UAS diberhentikan dari status PNS secara terhormat.

Pihak Kemenag dan kampus tidak mungkin mempertahankan UAS. Sebab, pengunduran diri sebagai dosen datang dari UAS itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here