Beranda Politik Parliamentary Threshold (PT) Pemilu 2024 Naik Menjadi 7%?

Parliamentary Threshold (PT) Pemilu 2024 Naik Menjadi 7%?

0
loading...

BeritaSepuluh.net – Desas-desus kabar tentang kenaikan Ambang Batas Parlemen atau Parliamentary Threshold (PT), terjawab sudah. Semula beredar kabar diperkirakan PT akan naik menjadi 5% sampai 7%. Dan itu artinya diperkirakan di pemilu tahun 2024 partai yang lolos ke senayan hanya berkisar 5 Partai Politik saja.

Seperti dilansir dari merdeka.com, Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyetujui usulan beberapa partai politik yang meminta Ambang Batas Parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) dinaikan menjadi tujuh persen.

“Ya saya setuju apa yang disampaikan oleh ketua umum untuk mengusulkan tujuh persen dan sejalan juga dengan apa yang disampaikan oleh NasDem,” kata Bamsoet di Komplek Parlemen, Jakarta Rabu 11 Maret 2020.

Perihal kekhawatiran beberapa pihak akan kurang keterwakilan rakyat bila ambang batas atau PT dinaikkan, Bamsoet menyebut hal itu tidak beralasan. Menurut dia kendati PT dinaikkan, keterwakilan partai politik dari berbagai aliran bisa tertampung.

“Enggak dong, enggak berkurang. Loh masyarakat bisa milih partai yang ada. Pasti ada, nasionalis, agama pasti adalah lah,” kata dia.

“Golkar nasionalis, ada agamis, ada partai Islam semua terwakililah,” imbuhnya.

Apakah ini akan diterapkan dalam pemilu 2024 nanti? Kita tunggu saja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here