Beranda Internasional Penyebab PM Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri

Penyebab PM Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri

1
loading...

BeritaSepuluh.net – Publik kaget dengan pengundiran diri Mahathir Mohamad, sebagai Perdana Menteri Malaysia. Kenapa?

Krisis politik Malaysia dimulai setelah pendukung Mahathir berusaha membentuk koalisi baru, untuk membendung penunjukkan Anwar Ibrahim sebagai suksesor Mahathir pada posisi perdana menteri.

Mahathir sebelumnya telah berjanji pada Anwar bahwa Anwar akan menggantikannya sebagai perdana menteri ketika berkoalisi dalam pemilu dua tahun lalu.

Dikutip dari Guardian, Aliansi Pakatan Harapan yang berkuasa di Malaysia pecah kongsi pada Senin 24 Februari 2020, setelah perdana menteri Mahathir Mohamad mengumumkan pengunduruan dirinya.

Setelah raja Malaysia menyetujui pengunduran Mahathir, Partai-partai oposisi di Malaysia bergegas melakukan kesepakatan untuk membentuk pemerintahan baru.

Pengunduran diri Mahathir diduga adanya ketidakcocokan antara dirinya dengan Anwar Ibrahim. Keduanya telah berseberangan selama beberapa dekade terakhir. Namun bersatu dalam pemilu 2018 untuk menggulingkan PM Malaysia saat itu Najib Rajak.

Sebagai bagian kesepakatan, Mahathir berjanji menyerahkan kursi perdana menteri kepada Anwar dua tahun setelah pemilu.

Namun Mahathir tak kunjung memutuskan tanggal penetapan Anwar sebagai penerusnya.

Friksi di dalam koalisi keduanya muncul pada Minggu, saat pendukung Mahathir dikabarkan bertemu dengan oposisi untuk membahas pemerintahan baru.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here