Berita  

Ketua Dewan Penasehat Yayasan Pertiwi Indonesia (YPI) Rika Thohir Kunjungi UMKM Kabupaten Pesawaran

BeritaSepuluh.net – Ketua Dewan Penasehat Yayasan Pertiwi Indonesia (YPI) Rika Thohir mengunjungi UMKM, dan penenun Sulam Jelujur, di Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Rabu (11/05/2022) silam.

Kunjungan Kakak Menteri BUMN Erick Thohir tersebut, disambut langsung Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Ketua Dekranasda Nanda Indira Dendi, Kepala Desa (Kades) Sungai Langka Erwan Sukijo, Camat Gedong Tataan Syukur S, dan pejabat kabupaten setempat.

Sementara itu, Rika Thohir didampingi oleh
Penasehat Keuangan YPI Suci Kuswardani, Sekjend Darariza, Ketua Bidang Dana Nirmala Dewi, Ketua Cinta Tenun Indonesia (CTI) Intan F Fauzi, Manajer Pelatihan Koestriastuti, Marcomm Putri Purnama Dewi, Textile Designer Koesoemaningsih, Admin Program Istiqomah Pamarullah dan Iis Aisyah Maharani.

Bupati Dendi Ramadhona mengatakan, kunjungan
Ketua Dewan Penasehat YPI, Rika Tohir untuk melihat secara langsung aktifitas para pengrajin sulam di Kabupaten Pesawaran, yang melestarikan warisan nenek moyang.

“Desa Sungai Langka, banyak memiliki potensi wisata. Diantaranya, Agro Wisata tanaman Coklat dan Jeruk. Kemudian, pemandian jaman Belanda dan penenun Sulam Jelujur yang masih membutuhkan pembinaan untuk dapat go internasional,” kata Dendi.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona juga mengatakan, pengrajin Sulam Jelujur beraktifitas dari rumah, dan hasilnya sebagai tambahan pendapatan ekonomi keluarga.

“Mudah-mudahan, nanti ada arahan dan bantuan yang dapat diberikan ibu Rika Thohir,” imbuh Dendi.

Ketua Dewan Penasehat YPI Rika Thohir mengatakan, pengrajin Sulam Jelujur sangat beruntung memiliki Bupati dan Ketua Dekranasda yang peduli.

“Hasil karya para pengrajin ini, sangat luar biasa dan kita akan dukung hingga go internasional. Insyaallah, bulan September 2022 hasil kerajinannya akan dipamerkan di Galery Sarinah Jakarta yaitu, pameran nasional bekerja sama dengan Bank BNI 46,” ujarnya.

Rika Thohir menambahkan, tampilnya Sulam Jelujur sebagai produk kerajinan Kabupaten Pesawaran di Galery Sarinah Jakarta merupakan kerja keras Bupati Dendi Ramadhona.

“Bupati Pesawaran, telah berhasil memaparkan karya kreasi masyarakatnya di Jakarta. Hasilnya, sangat luar biasa, dan kedepan kita lebih tingkatkan dengan berbagai inovasi agar lebih baik lagi,” pungkasnya. (BS/C45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.