Berita  

Swab Antigen di 149 Titik Arus Balik Libur Lebaran 2021, Efektif Cegah Covid

Beritasepuluh.net – Kakorlantas Polri Inspektur Jenderal Polisi Istiono mengatakan tes usap (swab) antigen selama pelaksanaan di 149 titik pengetatan arus balik libur Lebaran 2021 efektif dalam mencegah penularan Covid-19 di DKI Jakarta.

Hal itu disampaikannya saat memantau mobilitas masyarakat di Kilometer (KM) 34 Tol Cikampek, Jawa Barat, Minggu, ia memaparkan, selama tujuh hari, sejak 15 – 22 Mei, pihaknya dan instansi terkait telah melakukan tes cepat (rapid test) tersebut secara mandatori (wajib) maupun acak (random) terhadap 180 ribu orang dan mendeteksi 525 orang reaktif Covid-19.

“Data dari tanggal 15 sampai 22 Mei itu sudah kami lakukan, baik yang mandatori maupun random sebanyak 180 ribu lebih. Dan yang reaktif sebanyak 524 orang,” jelas Istiono.

Irjen Pol Istiono mengatakan setiap kendaraan dari Sumatera menuju Jakarta, maupun dari Bali dan Jawa menuju Jakarta, diminta melaksanakan tes usap antigen ketika melintasi 149 titik pengetatan arus balik libur Lebaran 1442 H/2021.

Dan hasilnya, menemukan 524 orang reaktif Covid-19 berhasil dideteksi Korlantas Polri dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan ditangani lebih lanjut agar tidak menularkan virus ketika sampai di Jakarta.

“Ini sangat efektif. Bayangkan, kalau tidak kita lakukan wajib dan random (tes antigen), bagaimana 524 orang itu bisa menularkan yang lain,” pungkas Istiono. (BS/C45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.