Berita  

Wow, Enam Investor Asal Rusia Siap Berinvestasi di Kabupaten Pesawaran.

BeritaSepuluh.net – Moskow, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan ada enam investor asal Rusia yang siap berinvestasi di Kabupaten Pesawaran. Investor tersebut tertarik berinvestasi setelah mendengar pemaparan Dendi dalam acara “The 30th Moscow International Travel & Hospitality Show (MITT) 2024″.

Acara tersebut berlangsung di Crocus Expo, Moskow, Rusia pada Rabu, 20 Maret 2024. Di sana, Dendi memaparkan potensi Kabupaten Pesawaran di depan para investor, salah satunya Founder One Glamping Mr. Igor Susharin.

Selain Mr. Igor Susharin, CEO Hilltop Properties Ilya Ragimoff juga tertarik berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Teluk Pandan, Pesawaran.

“Iya, kalau Mr. Igor itu tertarik mengembangkan bisnis specialized tourism dan glamping chain di KEK Teluk Pandan. Sedangkan CEO Hilltop Properties Ilya Ragimoff tertarik investasi di sektor hotel dan properti,” ujarnya, Kamis, 21 Maret 2024.

Dendi mengatakan keduanya akan segera melakukan penjajakan bisnis, untuk pengembangan tourism di KEK Teluk Pandan. Pihaknya siap menyambut serta akan membuka lebar pintu investasi di Kabupaten Pesawaran.

“Setelah saya mempresentasikan Investment Outlook Kabupaten Pesawaran, mereka tertarik dan akan segera berkunjung ke Pesawaran,” ujar dia.

Nantinya pihak Pemkab Pesawaran akan memperkenalkan secara langsung mengenai potensi dan sumber daya yang ada di wilayahnya. Sehingga investor mendapatkan informasi lengkap dan semakin memantapkan diri berinvestasi di Kabupaten Pesawaran.

“Tentunya, dengan kita memperkenalkan dan menawarkan langsung kepada para calon investor, mereka memperoleh gambaran. Gambaran mengenai sumber daya dan potensi Kabupaten Pesawaran,” kata dia.

Investasi Sektor Industri hingga Panas Bumi

Dalam kesempatan itu, Dendi tidak hanya menawarkan investasi dalam sektor pariwisata, tapi juga bidang lainnya. Salah satunya yakni berinvestasi pada sektor industri hingga panas bumi

“Kami juga menawarkan investasi pada bidang lainnya seperti agribisnis, kawasan industri, potensi panas bumi dan sumber daya alam lainnya,” katanya.

Keterlibatan Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam MITT 2024 merupakan undangan kolaborasi. Yakni antara kedutaan besar Republik Indonesia untuk Rusia dengan Deputi Bidang Industri dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Pesawaran Invesment Promotion (PIP) yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu. Penilaian PIP, Pesawaran memiliki potensi pengembangan pariwisata yang bagus dan para investor luar negeri minat berinvestasi,” ujar Dendi.

Pada MITT kali ini, Dendi berharap Pesawaran dapat dikenal secara global dan dapat mencuri minat investor di Moscow, Rusia. Terutama para investor pariwisata internasional dan kawasan industri.

Saat MITT, ada 768 perusahaan dari 21 negara dan 57 negara bagian Rusia yang hadir. Terdiri dari berbagai bidang usaha, seperti Tour Operators and Travel Agencies, Tourism Offices, dan Cruise.

Kemudian juga bisang Hotels and Accommodation, MICE, Glamping, Health and Medical Centres, Transport, Travel tech companies, HoReCa (Hotel, Restaurant and Café), dan lainnya.

Direktur Manajemen Investasi Kemenparekraf RI, Zulkifli Harahap mengatakan MITT merupakan kegiatan B2B tahunan promosi pariwisata terbesar di Rusia. Kegiatan itu melibatkan pelaku bidang usaha pariwisata dari Rusia dan internasional.

“Hal itu sejalan dengan upaya peningkatan realisasi investasi pariwisata ke Indonesia. Kami memandang event ini sangat potensial untuk promosi investasi pariwisata dan peningkatan jejaring investasi di Kabupaten Pesawaran,” katanya.

Berdasarkan data, dalam kurun waktu 2022 – 2023 investasi Rusia di Indonesia melonjak sampai 273%. Hal itu menjadi peluang yang luar biasa untuk Pesawaran bisa menggaet investor baru masuk ke Indonesia terlebih di Bumi Wisata Sejuta Pesona Kabupaten Pesawaran.